5 Kesalahan Mandi yang Dapat Membahaya Kulit

Senin, 29 Agustus 2016 - 15:25 WIB
5 Kesalahan Mandi yang Dapat Membahaya Kulit
5 Kesalahan Mandi yang Dapat Membahaya Kulit
A A A
JAKARTA - Mandi merupakan suatu aktivitas yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Baik untuk kecantikan maupun untuk menjaga kesehatan pada tubuh.

Tapi mandi bisa menyebakan bahaya pada kulit. Hal ini lantaran melakukan kesalahan saat mandi yang bisa memicu kerusakan pada kulit.

Mengutip TheHealthSite berikut 5 langkah kesalahan mandi bisa berbahaya pada kulit :

1. Menggunakan air panas saat mandi
Menggunakan air panas memang terkadang dilakukan untuk meringkatkan otot-otot yang telah banyak bekerja. Tetapi terlalu menggunakan air panas saat berendam dapat menghapus minyak alami dari kulit Anda pada waktu yang sama.

Sebab, air panas juga dapat menyebabkan kulit Anda menjadi gatal dan kering. Jika Anda ingin tetap menggunakan air panas untuk memperhatikan suhu air yang akan digunakan

2. Terlalu lama berada di kamar mandi
Berada di kamar mandi membuat Anda merasa nyaman dan tidak ingin keluar dari tempat tersebut. Tetapi mandi yang terlalu lama dapat berbahaya pada kulit Anda. Sebab, menimbulkan tingkat kelembapan yang tinggi dan bisa membuat kadar kelembapan kulit terganggu

Jadi cobalah untuk tidak menghabiskan lebih dari 10 menit berada di kamar mandi.

3. Sering menggunakan wewangian di bak mandi
Menggunakan wewanggian yang ditaruh di air bak mandi Anda, bisa membuat kadar kelembapan kulit tidak seimbang. Serta bahan wewanggin juga dapat menyebabkan kekeringan ekstrim atau kulit menjadi terkelupas.

Jadi sabun dengan minyak esensial dapat menjadi pilihan yang baik dibandingkan dicampur dengan wewangian.

4. Sikat mandi
Sikat mandi memang terkadang digunakan untuk membersihkan punggung yang berada di belakang. Sayangnya, sikat mandi bisa menimbulkan bakteri dikarenakan kurangnya kebersihan yang ada pada sikat tersebut.

Adanya bakteri bisa menempel pada kulit dan bisa berkembang biak. Serta bisa menimbulkan infeksi pada kulit. Untuk itu, gunakan kain lembut untuk menggosok bagian kulit Anda.

5. Pembilasan yang tidak sempurna
Membilas air saat menggunakan sabun maupun sampoo terkadang tidak diperhatikan. Padahal pembilasan sangat penting untuk kesempurnaan mandi.

Sebab, kurangnya pembilasan yang bersih bisa saja menimbulkan beberapa penyakit pada kulit. Seperti adanya jerawat, panu maupun kurap yang ada pada wajah dan kulit. Oleh karena itu, lakukan pembilasan saat mandi dengan baik dan benar.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5216 seconds (0.1#10.140)